Halaman

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENOPAUSE DENGAN TINGKAT KECEMASAN IBU PREMENOPAUSE DALAM MENGHADAPI MENOPAUSE (DI RT 01 RW 01 DESA JABALSARI KECAMATAN SUMBERGEMPOL TAHUN 2014)
By Shulhan Arief Hidayat | 31 Oktober 2018 | 243


Salah satu upaya dalam menurunkan angka menopause dini  dan mencegah terjadinya tingkat kecemasan ibu premenopause, dengan cara memberikan pengetahuan pada ibu premenopause tentang menopause dan pencegahannya. Tujuan penelitian ini untuk  menganalisis hubungan pengetahuan tentang menopause dengan tingkat kecemasan ibu premenopause di RT 01 RW 01 Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol.                  
Desain yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Analitik dengan pendekatan ”Cross Sectional ”. Populasinya adalah semua ibu premenopause yang ada di RT 01 RW 01 Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu premenopause yang usia 40-55 tahun dan yang bisa membaca dan menulis ada di RT 01 RW 01 Desa Jabalsari Kecamatan Sumbergempol. Menggunakan teknik Total Sample dan diuji dengan Spearman Rho. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 6 Februari – 10 Maret 2014 diolah dengan taha editing,coding,scoring,tabulating.    

Hasil uji statistik didapatkan kemaknaan atau ? = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,621 sehingga Pvalue >  ? atau 0,621 > 0,05. Berarti tidak ada hubungan pengetahuan tentang menopause dengan tingkat kecemasan ibu premenopause dalam menghadapi menopause.

Dengan ini pengetahuan tentang menopause tidak mempengaruhi tingkat kecemasan ibu premenopause, sebab tidak hanya pengetahuan seseorang yang mempengaruhi tapi ada banyak faktor yaitu faktor internal yaitu : usia, pengalaman, aset fisik dan dari faktor eksternal yaitu : pengetahuan, pendidikan, finansial / material, keluarga, dan sosial budaya.      
 
Kata kunci : pengetahuan, menopause, tingkat kecemasan.

  • Dikelola oleh Seksi Data TI, Dinas Dikpora DIY guna memudahkan proses Ijin Penelitian bagi mahasiswa atau masyarakat yang berkepentingan membuat ijin penelitian ke sekolah atau instansi dibawah Dinas Dikpora DIY.


    2019 © Sistem support by Watulintang Media