Di GOR Amongraga, Kasad Buka Kejurnas Judo Kartika Cup XII Tahun 2019

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Andika Perkasa, membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup XII Tahun 2019 di GOR Amongraga Yogyakarta, Jumat (26/7/2019) pagi. Kejuaraan ini akan digelar mulai tanggal 26 hingga 28 Juli 2019 dengan mempertandingkan berbagai pertandingan yang terbagi dalam beberapa kelompok umur, baik putra maupun putri. Diantaranya; cadet KU 18 tahun, Junior 19-20 tahun, senior 21 tahun keatas. Masing-masing mempertandingkan 8 kelas dan juga dipertandingkan pula Nageno-Kata untuk putra dan Yuno-Kata untuk putri.

Kejuaraan ini dibuka secara resmi oleh Kasad dengan memukul gong secara simbolik. Dalam sambutannya, Kasad, meminta kepada para atlet yang hadir di GOR Amongraga untuk mengambil pengalaman dari para atlet berpretasi, tertutama atlet yang sudah mendapatkan medali emas.

“Jadi, salah satu manfaat sebenarnya kejuaraan ini, bukan semata-mata kejuarannya, tapi pengalamannya. Paling tidak, nanti bisa melihat, oh ini nih orang yang sudah mendapat medali emas nih, caranya dia latihan gimana sih, caranya dia bertanding gimana sih. Itu semua sebetulnya yang membuat kita jadi lebih tahu,” terang Kasad yang menggantikan Jenderal TNI (Purn) Mulyono, yang sekarang menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB-PJSI), yang juga turut hadir dalam upacara pembukaan ini.

Lebih lanjut, Kasad, menuturkan, pengetahuan yang didapat dari pengalaman para atlet-atlet yang sudah berprestasi pasti akan sangat berguna. “Karena, itu juga dulu yang saya lakukan waktu SMP SMA. Ikut pertandingan yang saya lihat yang jago-jago nih. Oh begitu tuh, dia tekniknya begitu. Termasuk lihat postur badannya,” jelas Kasad di depan para atlet yang hadir seraya memberi contoh dua atlet berprestasi, Iksan Apriyadi, peraih medali emas Sea Games 2017, dan Ni Kadek Anny Andini, peraih medali emas Sea Games 2015, yang diajak naik ke atas podium bersama tiga atlet peserta Kejurnas, yang dipanggil secara acak.

Kasad juga mengingatkan, atlet-atlet yang berpretasi, seperti Iksan Apriyadi dan Ni Kadek Anny Andini, semuanya juga mengalami proses yang sama dengan para atlet yang akan mengikuti Kejurnas. “Tapi kalau kalian semuanya terus punya semangat, dan kesempatan begini ini sekalian perkenalan, tanya-tanya, kepada mereka yang juara, saya yakin kita semua juga akan bisa mengiktui jejak mereka yang sudah mendapatkan medali emas,” pinta Kasad kepada sekitar 600 atlet Judo yang berasal dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.




Berita Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan