Diklat Jurnalistik Untuk Meninggakatkan Minat Baca dan Menulis Guru
Diklat Jurnalistik Untuk Meninggakatkan Minat Baca dan Menulis Guru

Dikpora DIY- Untuk mendorong dan meningkatkan minat baca tulis guru, serta untuk meningkatkan minat jurnalistik terhadap  guru di DIY, Dinas Dikpora DIY melalui Seksi Data TI melaksanakan Diklat Jurnalistik Pendidikan.  Minimnya jumlah guru yang mau menulis di media menjadi sebuah keprihatinan, sehingga atas dasar inilah Diklat Jurnalistik bagi guru dilaksankan oleh Dinas Dikpora DIY.

Diklat ini telah berlangsung di Hotel de Laxston Jl.Uripsumoharjo pada Senin 17 s.d 19 April 2017 dan diikuti oleh 30 guru dari sekolah-sekolah SD,SMP dan SLB di DIY.

 

Pendaftaran peserta yang sebelumnya sudah dibuka telah banyak menjaring calon peserta sampai ratusan pendaftar namun hanya 30 guru yang dipilih untuk  mengikuti diklat ini karena kuota yang dibatasi. 

Drs.Suraya selaku Kepala Bidang Perencanaan dan Standarisasi Dinas Dikpora DIY dalam sambutanya saat membuka acara Diklat Jurnalistik menyampaikan kegiatan ini akan mampu menguatkan semangat membaca dan utamanya menulis dalam rangka mempublikasikan apa yang kita ketahui dan apa yang kita lakukan sebagai guru. Menurut beliau,  diklat ini juga merupakan kompetensi tambahan yang dapat memperkaya kemapuan dan meningkatkan kualitas diri dan diharapkan mampu membimbing anak didiknya di sekolah sehingga siswa memiliki keterampilan tambahan.

 

Menghadirkan berbagai narasumber senior, diantaranya  Jurnalis Senior Drs. Gunawan Kunto Wibisono, YB Margantoro, Drs.Praba Pangripta, dan AG Irawan . Selama 3 hari 2 malam, berbagai materi tentang jurlaistik disampaikan narasumber baik ilmu secara teoritik mapupun praktis seperti pengantar ilmu jurnalistik, sejarah dan kode Etik jurnalistik, penulisan berita, Opini, Fiksi, Fotografi, Grafika Media, Manajemen Redaksi, Teknik Reportase, Layout , Editing dan masih banyak lagi.

 

 Para guru peserta diklat mengaku senang  dan merasa beruntung sekali dapat  mengikuti diklat ini. Menurut salah seorang peserta saat mennyampaikan pesan kesan disesi akhir, “Diklat ini disamping menambah pengetahuan wawasan guru  juga menjadikan motivasi serta menjadikan kami tidak sabar untuk lekas mempraktiknan ilmu yang telah kami serap dipraktikan di sekolah dan pada siswa kami nantinya”.

 

Rencanaya Diklat Jurnalistik  ini akan dilaksanakan kembali tahun depan, rencanaya peserta merupakan guru yang berbeda disetiap tahunya sehingga  guru-guru di DIY ditargetkan akan banyak yang mempunyai kemampuan dibidang jurnalistik nantinya. (e-rik)




Berita Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan