Kejuaraan Catur Piala Raja VII Resmi Dibuka oleh Kepala BPO

Kejuaaran catur International Master & Rating Fide Tournament Piala Raja VII secara resmi dibuka oleh Kepala Balai Pemuda dan Olaharga (BPO) Dinas Dikpora DIY, Drs. Eka Heru Prasetya, secara simbolis dengan pemukulan gong di Grha Pradipta Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Senin (21/10/2019) siang. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Dikpora DIY bekerja sama dengan Sekolah Catur Benteng Mataram Muda, Pengda Percasi DIY, dan PB Percasi. Kejuaraan ini akan berlangsung sejak tanggal 21 hingga 25 Oktober 2019.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara, Drs. Suyamto, Kejuaraan Catur Piala Raja ini sudah enam kali dilaksanakan. Terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2017 (21-25 Agustus) silam di GOR Amongrogo Yogyakrta. Sebelumnya, kejuaraan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2007 (12-16 November) di Graha Wana Bhakti Yasa, 2009 (16-19 Desember) di JEC Yogyakarta, 2011 (29 Desember-1 Januari 2012) di GOR Amongrogo, 2013 (26-29 Desember) di GOR Amongrogo, dan 2015 (25-29 Desember) di GOR Amongrogo.

“Kejuaraan ini akan mempertandingkan FM (Fidel Master) dan WFM (Woman Fidel Master) RATING FIDE dengan Kelompok umum Putra/Putri, Kelompok Umur 18 Th Putra/Putri, Kelompok Umur 15 Th Putra/Putri, serta Kelompok Umur 17 Th Putra/Putri. Pertandingan berlangsung dengan sistem swiss 9 babak catur klasik 90 menit + encreement 30 detik,” terang Suyamto yang juga Kepala Seksi Olahraga BPO Dinas Dikpora DIY dalam laporannya sebelum kejuaraan dimulai.

Tujuan dari diselengarakannya kejuaraan ini, menurutnya, ialah sebagai sarana pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga catur, memberi kesempatan munculnya altet junior berbakat untuk penambahan rating, serta ikut memberikan kontribusi terhadap peningkatan prestasi baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Untuk peserta yang mengikuti kejuararan ini terdiri dari internasional master 2 orang dari Australia dan Uzbekistan, peserta undangan 10 orang, kelompok umum putra/putri 278 orang, dan kelompok umur putra/putrid 53 orang.

Sementara itu, Kepala BPO, dalam sambutannya, menyampaikan  apresiasi terhadap para alet catur baik junior maupun senior yang sudah berpartisipasi pada kejuaraan ini, serta kepada PB Percasi yang sudah mendukung pelaksanaan Piala Raja VII.

“Semoga kedepan bisa ditingkatkan lagi kerja samanya,” harap Eka, sapaan akarab Kepala BPO, kepada PB Percasi yang hadir dalam Pembukaan Kejuaraan Catur Piala Raja VII.

Eka juga menyampaikan permohonan maaf kepada para atlet karena tempat pelaksanaan lomba berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sedianya kejuaraan ini akan diselenggarakan di GOR Amongrogo seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, karena bertepatan pada akhir tahun penggunaan GOR lebih padat dari biasanya sehingga tempat kejuraan dipindah ke JEC berdasarkan saran Ketua Pengda Percasi DIY sekaligus Ketua BPKA DIY.




Berita Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan