Pembukaan acara diklat penguatan kepala sekolah swasta
Pembukaan acara diklat penguatan kepala sekolah swasta

APendidikan-DIY Kualitas sekolah merupakan nilai jual pendidikan. Diperkembangan zaman seperti sekarang ini, kualitas sekolah dimulai dari kepala sekolah. Kepala sekolah dituntut memiliki Standar pemerintah. Peraturan kemdikbud 8 tahun 2018 menyebutkan kepala sekolah bersyarat S1, tersertifikasi, minimal 6 tahun aktif mengajar, usia kepala sekola di bawah 56 tahun, pengalaman manajerial selama dua tahun, memiliki penilalin prestasi kerja dua tahun baik, setara 3C, sehat jasmani dan rohani serta bersih kasus hukum.

Skertaris LP Maarif NU di Yogyakarta juga menjelaskan, peraturan medikbud 8 mengatakan bahwa seorang kepala sekolah adalah guru profesional yang dipercaya  memimpin dan mengelola satuan pendidikan. Kepala sekola dituntun dapat menyeimbangi teknologi saat ini ( IT), seperti mampu mengetik, mampu membuat power point, memiliki email pribadi dan tidak buta internet.  Oleh sebab itu, jangan lagi terdapat kepala sekolah yang tidak memenihi syarat. Senin ( 05/11/2018).

Diklat penguatan kepala sekalah diikuti kiranya sejumlah 60 orang. Proses pendaftaranya masih dibuka hingga berita ini ditulis yaitu 5-11 November 2018. Peserta yang terdaftar terdiri atas 32 orang dari Maarif dan 28 orang dari luar Maarif dari seluruh penjuru DIY setara dengan 43 SLTA dan 17 SD-SMP.

Diklat dibuka oleh Dra. Mulyati Yunipratiwi yang hadir mewakili Kepala Dikpora DIY, Maarif mengatakan diklat LPMP adalah diklat pertama di Yogyakarta bahkan di Indonesia ucap Mulyati dalam sambutannya.

Para kepala sekolah yang lulus diklat akan mendapatkan NUKS. Artinya kepala sekolah terintegrasi dalam dapodik. Dan NUKS ini akan menjadi wajib dimiliki seorang kepala sekolah nantinya.

Dra Titi Sulistyani, M.Pd FPMP LPMP DIY juga menambahkan apresiasi, menurut Titi LP Maarif mengambil langkah cepat dan antisipatif. Titi berharap, diklat ini menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas kepala sekolah dan lingkungan Maarif DIY.

Pembukaan berlangsung pulul 13:30 hingga 15:00 WIB dan dihadiri oleh jajaran pengurus LP Maarif NU DIY, Sukarja. M.Pd, dan pengurus PWNU DIY. Dr. Arif Rohman.




Berita Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan