Detail Publikasi Berita

0 komentar
BIMTEK PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH KEMARITIMAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA PEMBINAAN MUATAN LOKAL
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Yogyakarta- Bertempat di Hotel Tirta Kencana pada tanggal 20-23 Oktober 2021, Dinas Pendidikan Pemuda dan olah Raga DIY melaksanakan Bimtek Pengelola Manajemen Sekolah Kemaritiman. Dalam upaya mewujudkan visi pembangunan pendidikan di DIY “ Tahun 2025 DIY sebagai Pusat Pendidikan Berbasis Budaya  Terkemuka di Asia Tenggara”, Pemda DIY telah menetapkan  Perda No. 5 Tahun 2011 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Budaya. Dengan adanya Perda tersebut pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan di DIY dilaksanakan berdasarkan  Sistem Pendidikan Nasional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya.

Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya berarti nilai budaya diharapkan dapat mewarnai dan memperkuat pelaksanaan pendidikan, baik input, proses, output, maupun outcomenya. Adapun makna pendidikan berbasis budaya adalah 1) Pendidikan tentang budaya (budaya sebagai isi atau muatan pendidikan); 2) Pendidikan melalui pembudayaan (budaya sebagai metode pelaksanaan pendidikan); 3) Pendidikan dalam lingkungan budaya (budaya sebagai konteks dan metode dalam manajemen pendidikan).

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki kekayaan seni dan budaya yang beraneka ragam serta kekayaan laut yang perlu dilestarikan dan dikembangkan. Di samping itu RPJMD tahun 2012-2022 adalah menyosong abad samodera hindia untuk kemuliaan martabat manusia jogja maka melalui program  pendidikan berbasis budaya kita mengangkat Bidang Kemaritiman Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut maka diperlukan kegiatan Bimtek Pengelola Manajemen Sekolah Kemaritiman yang ada di Yogyakarta  yang arahnya untuk lebih memperkuat kompetensi Sumber Daya kelautan  bagi Guru dan Siswa di DIY.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Manajemen Sekolah Kemaritiman dilakukan untuk Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang kelautan melalui pengembangan Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Bidang Kemaritiman. bahwa Indonesia adalah negara maritim besar yang memiliki potensi melimpah yang harus dikelola oleh SDM yang handal. Memperkuat SDM bidang kelautan melalui pengembangan Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Bidang Kemaritiman.Tujuan Kegiatan pengelolaan manajemen Sekolah Kemaritiman adalah: 1. Meningkatkan Akses sertifikasi lulusan SMK Kemaritiman; 2. Memberikan Jaminan ketersediaan pendidik yang memiliki komptensi unggul di bidang kemaritiman;3. Melibatkan masyarakat dalam mengelola dan mengembangkan peningkatan layanan SMK Kemaritiman dari sisi akses;4. Menjamin ketersediaan lapangan kerja bagi lulusan SMK Kemaritiman.


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami