Diikuti 24 Kontingen, Bantul Sukses Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional

Pekan Olahrga Tradisional Tingkat Tingkat Nasional (Potradnas) 2019 sukses diselenggarakan di Kabupaten Bantul sebagai tuan rumah dengan diikuti oleh 24 kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan di komplek Stadion Sultan Agung Bantul selama dua hari mulai tanggal 26 hingga 27 Oktober 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga ini merupakan agenda rutin Kemenpora yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali yang pada tahun ini menunjuk Bantul sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ke-7. Kegiatan ini mempertandingkan lima cabang olahraga, yakni gobag sodor, dagongan, egrang, sumpitan, dan terompah panjang.

Provinsi Banten keluar sebagai juara umum pada perhelatan kali ini dengan perolehan 2 emas dan 1 perunggu. Emas diperoleh dari cabor dagongan dan egrang, sedangkan perunggu diperoleh dari gobag sodor. Sementara Provinsi DIY dan Kabupaten Bantul yang mengirimkan kontingen sendiri masih belum beruntung mendapatkan medali.

Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Kemenpora, Aris Subiyono, S.H., mengatakan, sebetulnya yang juara sejati itu ialah semua peserta yang masih mau melestarikan olahraga tradisional.

“Yang juara itu sebenarnya adalah kita semua yang sampai hari ini, sampai detik ini, masih berkumpul di sini untuk menjadikan olahraga tradisional menjadi olahraga milik kita bersama yang lahir, tumbuh, dan berkembang bersama kita semua,” terang Aris pada saat menutup Potradnas secara resmi setelah penyerang trofi kepada para pemenang di Komplek Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu (27/10/2019).

Pada saat penutupan itu sendiri juga diadakan pengundian doorprize bagi para peserta yang hadir di Komplek Stadion Sultan Agung Bantul.

Aris, dalam kesempatan itu, juga meminta maaf kepada para kontingen karena belum bisa menentukan tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional pada tahun 20120 yang akan datang. “Seharusnya dalam Penutuan ini kami sudah bisa mengumumkan untuk dua tahun kedepan kita akan selesenggarakn Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ke-8 , tapi masih belum bisa kami umumkan,” jelas Aris

Menurut dia, Kemenpora masih akan menyeleksi Kabupaten/Kota yang layak menjadi tuan rumah dari beberapa Kabupaten/Kota yang berminat mengajukan diri. “Tapi, yang jelas untuk 2020 kita bertemu dalam Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional di Provinsi Bangka Belitung,” jelas Aris mengumumkan Provinsi yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Potradnas dua tahun mendatang.

Berikut adalah para pemenang dari tiap cabang olahraga Potradnas 2019 Bantul:

Gobag Sodor

Juara 1: DKI Jakarta

Juara 2: Jawa Timur

Juara 3: Banten

Dagongan

Juara 1: Banten

Juara 2: NTT

Juara 3: Jabar

Sumpitan:

Juara 1: Kalbar

Juara 2: Kaltim

Juara 3: Jabar

Egrang:

Juara 1: Banten

Juara 2: Jabar

Juara 3: Jateng

Terompah Panjang

Juara 1: Jabar

Juara 2: Gorontalo

Juara 3: DKI Jakarta




Berita Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan