Detail Publikasi Berita

0 komentar
Buku Suplemen Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan Mata Pelajaran Sejarah SMK Kelas 11
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Deskripsi Buku

Judul : Buku Suplemen Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Dalam Perspektif Keistimewaan Yogyakarta Mata Pelajaran Sejarah SMK Kelas 11

Penulis :

Retno Endah Andayani, S.Pd

Winarni, S.Pd

 

Ukuran : 17,6 x 25 cm

 

Tantangan tersebar dalam pelaksanaan pembelajaran adalah membuat siswa tertarik untuk menyimak dengan saksama bahan pembelajaran yang disampaikan guru. Ketertarikan tersebut sangat erat kaitannya dengan relevansi bahan pembelajaran terhadap keseharian yang dialami dan diamati siswa. Ketersediaan buku teks dalam satu sisi memudahkan guru dalam menyiapkan bahan pembelajaran. Namun, pada sisi yang lain, buku teks tidak mungkin menyediakan bahan pembelajaran yang cukup dinamis dalam mengantisipasi berkembangnya isu-isu yang relevan dengan bahan buku teks dan sekaligus relevan dengan pengalaman dan pengamatan siswa.

Seyogyanya pembelajaran adalah proses berkelanjutan dengan bahan yang senantiasa diperbarui menyesuaikan dengan isu-isu terkini yang relevan untuk disampaikan. Buku teks adalah acuan utama, tetapi statis sehingga tidak cukup untuk menghasilkan pembelajaran yang mampu menggugah ketertarikan siswa untuk bersungguh-sungguh mempelajarinya karena merasakan bahwa yang dipelajari adalah tidak sesuai dengan kenyataan yang dihadapi. Guru harus memadukan materi buku teks dengan isu-isu kekinian dan kedisinian yang relevan dengan materi buku teks. Pembelajaran semacam ini, yang dalam istilah akademik dikenal sebagai pembelajaran kontekstual, adalah usaha untuk membuat siswa merasa perlu, bukan hanya mempelajari, bahan lebih jauh dari itu, untuk mendalami bahan pembelajaran yang disampaikan gurunya sehingga tergerak untuk mencari sumber-sumber belajar ini.


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami