Detail Publikasi Berita

0 komentar
Festival Budaya Pendidikan Khusus Tahun 2022
blog
Keterangan & diskripsi gambar

 

Festival Budaya Pendidikan Khusus Tahun 2022 menyajikan tema :  

“Lestari Budayaku, Tercapai Asaku”

 

Urusan keistimewaan bidang kebudayaan berupa memelihara dan mengembangkan hasil cipta, rasa, karsa, dan karya yang mengakar dalam masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta, meliputi nilai-nilai, pengetahuan, norma, adat istiadat, benda, seni, dan tradisi luhur. Pendidikan merupakan salah satu institusi strategis dalam memelihara, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan. Hal ini karena, pendidikan merupakan usaha sadar untuk mengembangkan potensi peserta didik sekaligus berfungsi sebagai wahana membentuk watak kepribadian dan mewariskan nilai – nilai luhur budaya bangsa.

Pendidikan khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai bagian dari urusan Pendidikan yang mencakup sekolah luar biasa se-Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu bagian penting, khususnya dalam meningkatkan potensi peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang seni budaya. Untuk itu, pembinaan seni budaya baik yang bersifat fisik maupun non fisik digalakkan di semua sekolah luar biasa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil – hasil pembinaan tersebut perlu diketahui oleh masyarakat luas sehingga berbagai pihak yang secara profesional dan kompeten pada bidang yang relevan dapat membangun hubungan, jejaring, dan berpartisipasi secara lebih aktif dalam kegiatan layanan Pendidikan khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Publikasi, jejaring, dan partisipasi berbagai pihak tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan mutu pendidikan khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini, karena disamping meningkatkan motivasi sekolah dan peserta didik juga membuka ruang-ruang kolaborasi yang lebih luas bagi peserta didik untuk mencapai prestasi diberbagai bidang seni dan budaya baik di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan internasional.

Hasil dari kegiatan ini adalah mutu penyelenggaraan Pendidikan pada sekolah luar biasa dan sekolah penyelenggara Pendidikan inklusif dalam melaksanakan pembinaan seni budaya dan melaksanakan layanan Pendidikan khusus yang berkeunggulan menjadi lebih baik, Tersedianya wahana yang menghubungkan antara penyelenggara Pendidikan khusus dengan komunitas profesional yang relevan sehingga membuka peluang terbentuknya jejaring kerjasama, Terwujudnya motivasi dan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang seni budaya dan keterampilan lebih baik, Terpublikasikan dan terpromosikannya produk dan keunggulan layanan Pendidikan khusus kepada masyarakat luas.

Festival Budaya Pendidikan Khusus ini dilaksanakan pada hari di Jum’at s.d Minggu, 18 s.d 20 November 2022 di Sleman City Hall, Sleman DIY.  #harkudiksus22

 


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami