Detail Publikasi Berita

0 komentar
HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Yogyakarta (17/08/2022) – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinas Dikpora DIY) menggelar Upacara Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Upacara yang digelar di Halaman Dinas Dikpora Jalan Cendana 9, Yogyakarta ini diikuti oleh seluruh pegawai di Lingkungan Dinas Dikpora serta Unit Pelaksana Dinas (UPT) Dinas, diataranya Balai Pemuda dan Olahraga (BPO), Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik), Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) dan Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta (Balai Dikmen Kota Yogyakarta) serta diikuti oleh Pengawas dari SLB dan Pengawas SMA/SMK yang ada di Kota Yogyakarta, tidak lupa para mahasiswa serta siswa yang melaksanakan PPL/PKL yang ada di Dinas Dikpora juga ikut serta dalam upacara kali ini.

 

 

Wakil Kepala Dinas Dikpora, Drs. Suhirman, M.Pd bertindak sebagai inspektur pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI kali ini. Mengambil tema Kemerdekaan Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Indonesia diharapkan bisa segera kembali berjaya. Bangkit dari berbagai keterpurukan yang diakibatkan oleh pandemi Covid -19. Dalam kesempatan sebagai inspektur Upacara Peringatan HUT ke-77 ini Suhirman membacakan sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Isi sambutan tersebut yaitu,

“Peringatan Proklamasi Kemerdekaan sama halnya dengan sebuah perenungan spiritual, yang dalam budaya Jawa jumbuh dengan menunaikan patrap, melalui adeping tekad dan cloroting batin, sura-dira jayaningrat lebur dening pangastuti, sebagai laku yang ditempuh menuju pangajab-sih kawilujengan langgeng.”

“Perenungan dilakukan dengan introspeksi-memusatkan kekuatan batin sebagai sumber hikmah, dan selanjutnya menjadi pencerah pikir dalam menunaikan cita-cita Proklamasi berlandaskan istiqomah-konsisten, konsekuen, dan berkelanjutan. Dan alangkah baiknya apabila peringatan kemerdekaan kali ini sebaiknya diliputi suasana samadya lan prasaja tanpa mengurangi makna esensialnya.”

“Peringatan kemerdekaan juga menjadi momen retrospeksi, dengan mengenang jasa para pahlawan melalui niti-laku dan napak-tilas jejak sejarah yang ditinggalkannya, seraya mendoakan, agar arwah para syuhada bangsa itu memperoleh pahala sesuai amal-bhaktinya, serta diterima di haribaan-Nya dan diampuni segala dosanya”

Dalam memaknai HUT ke-77 RI 2022, haruslah merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang memepersatukan Indonesia. Bahwa kemajemukan harus dikreasikan sebagai sumbu yang menerangi keutuhan bangsa dan negara. Kemajemukan politik dan ekspresinya dalam kehidupan ber-Indonesia, tidak akan memperlemah semangat untuk lebih menyatu. Justru kemerdekaan kemajemukan itulah menjadikannya energi pengembangan daya kreasi bangsa.

 

 

Pada kesempatan ini pula Dinas Dikpora DIY menyerahkan penghargaan kepada para siswa-siswi SMK yang menjadi juara dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta Lomba Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tingkat DIY. Dalam lomba FLS2N tingkat DIY ada 7 bidang lomba yang diberikan penghargaan mulai dari juara 1 sampai dengan 3, bidang lomba tersebut yaitu Menyanyi Solo, Gitar Solo, Monolog, Film Pendek Fiksi, Film Pendek Dokumenter, Tari Tradisional serta Musik Tradisi Daerah.

 

 

Sedangkan pada Lomba FIKSI ada 5 bidang lomba yang diberikan penghargaan yaitu, Agrobisnis, Agroteknologi dan Kemaritiman; Kesehatan dan Wirausaha Sosial; Pariwisata dan Kuliner; Industri Kreatif; serta Teknologi Digital. Masing-masing dari juara tersebut menerima piala seta piagam penghargaan dan juga uang pembinaan.


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami