Detail Publikasi Berita

0 komentar
MOMENKU SIAP BERKEMAS
blog
Keterangan & diskripsi gambar

 

MOMENKU SIAP BERKEMAS

Model manajemen kelompok usaha siswa partisipasi berantas kemiskinan masyarakat

Dapat dimaknai siswa smk untuk berproses dari masa sulit ke masa yang lebih baik, mandiri dan berdaya saing dan mampu berperan dalam membangun ekonomi di Yogyakarta dengan meningkatkan indeks pembangunan pemuda dan menekan angka kemiskinan dengan kemandirian dengan berwirausaha.

Dengan inkubasi kewirausahaan di smk dengan penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan dan pemantapan dengan melibatkan mitra dari dunia usaha dunia industri serta dukungan komite vokasi dan prodiktivitas di daerah istimewa yogyakarta, sebagai jembatan komunikasi untuk membangun kolaborasi dan peran serta berbagai pihak tekait untuk membantu revitalisasi pendidikan smk di DIY , berkolabarisi lintas sektor, pemanfaatan teknologi informasi, implementasi inkubasi wirausaha di sekolah dengan dukungan keterlibatan dunia usaha.

Sejalan dengan adanya kebijakan merdeka belajar mampu mengembalikan ruh pendidikan dimana proses pembelajaran dan pendidikan berpihak kepada siswa. Sekolah diberikan kebebasan mengambangkan ketrampilan siswa sesuai dengan potensi yang dimiliki dengan berdasarkan kodrat alam dan kodrat jaman.

Momenku siap berkemas bertujuan menjadi salah satu solusi dalam pemberantasan kemiskinan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan memanfaatkan kreatifitas generasi muda yang berdaya saing sehingga bisa menjawab setiap tantangan yang terjadi saat ini. Pada Agustus tahun 2022 ini Dinas Dikpora DIY telah mewisuda Wirausaha Muda yang berasal dari siswa siswi SMK yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya wirausaha muda ini dapat memotivasi siswa lainnya untuk terus berkembang dan mengembangkan kreativitasnya sehingga bisa bersaing di dunia usaha khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mendukung penuh bagaimana Gerakan Momenku Siap Berkemas berjalan, karena kewirausahaan menjadi salah satu kunci dalam pemberantasan kemiskinan. Pendidikan yang bersinergi dengan dunia industri maka akan menjadikan sekolah menjadi lebih mudah dalam pengembangan kreatifitas siswa dan menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah yang mana harus bisa mengikuti bagaimana kebutuhan dunia usaha itu sendiri. Melalui program ini selain mengembangan sistem pembelajran kewirausahaan smk tetapi dapat juga mengembangkan daya kreatifitas siswa itu sendiri.  


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami