Detail Publikasi Berita

0 komentar
Peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas

            Yogyakarta (27/10) – Untuk mendukung keberlangsungan peningkatan mutu sumber daya manusia pendidikan menengah serta pelaksanaan pendidikan menengah universal, pemerintah perlu menyiapkan pendanaan pendidikan dalam bentuk penyediaan beasiswa pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu atau keluarga miskin. Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta baru saja meluncurkan program Beasiswa Kartu Cerdas Tahun 2022 dengan tema “Menggapai Impian dan Cita Cita Bersama Kartu Cerdas dan Jaminan Kelangsungan Pendidikan”. Tujuan dari beasiswa kartu cerdas dan jaminan kelangsungan pendidikan ini adalah untuk menjamin keberlangsungan belajar siswa di jenjang SMA dan SMK bagi siswa yang kurang mampu untuk membantu biaya personel siswa. Sebanyak 15.000 (lima belas) ribu siswa dari SMA dan SMK mendapat beasiswa Kartu Cerdas dan 1.451 siswa mendapatkan beasiswa jaminan kelangsungan pendidikan.

            Adapun Katageri keluarga yang menerima adalah keluarga kurang mampu dan keluarga miskin yakni keluarga kurang mampu adalah keluarga yang mempunyai sumber mata pencaharian gaji atau upah hanya mampu memenuhi kebutuhan dasar yang layak namun tidak mampu membayar iuran bagi dirinya dan keluarganya, selanjutnya yang dimaksud keluarga miskin adalah keluarga yang tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya atau keluarganya. Dinas Dikpora DIY menjamin proses penyaluran beasiswa berjalan lancar dan dapat dipertanggungjawabkan, menjamin keberlangsungan belajar bagi peserta didik kurang mampu atau keluarga miskin dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pendidikan menengah dengan harapan mampu menunjang tercapainya visi pembangunan pendidikan daerah.

            Mekanisme dalam penyaluran Beasiswa Kartu Cerdas yaitu secara langsung melalui rekening siswa dalam bentuk simpanan pelajar di bank BPD DIY dan untuk Jaminan Kelangsungan Pendidikan melalui rekening sekolah. Tahap penyaluran yaitu sebanyak 2 (dua) kali dalam satu tahun dan setiap siswa hanya boleh memperoleh maksimal 1 (satu) kali setiap tahunnya.

            Bentuk tanggung jawab penerima Beasiswa Kartu Cerdas harus digunakan untuk biaya personal siswa sebagai berikut:

  1. Transportasi Peserta Didik
  2. Perlengkapan Sekolah
  3. Praktik Industri
  4. Seragam Peserta Didik
  5. Uang Saku Peserta Didik
  6. Biaya Les
  7. Biaya Pendidikan Peserta Didik di Sekolah Swasta

           

            Sedangkan untuk jaminan kelangsungan pendidikan digunakan untuk membantu pembayaran kekeurangan pembiyaan sekolah yang belum dapat dilunasi pada sekolah swasta yang menjadi kewajiban siswa sampai dengan siswa lulus sekolah.

            Beasiswa Kartu Cerdas Tahap pertama tahun 2022 Dinas Dikpora DIY telah menyalurkan Beasiswa kepada 7.500 peserta didik senilai total Rp. 11.250.000.000 dan pada tahap kedua sebanyak 7.500 peserta didik senilai Rp. 11.250.000.000. Sedangkan untuk Program Jaminan Kelangsungan Pendidikan Tahun 2022 dalam tahap pertama Dinas Dikpora DIY telah menyalurkan JKP kepada 402 Peserta didik senilai total Rp. 897.050.000 dan di tahap kedua sebanyak 1.144 Peserta didik senilai 2.343.300.000.

            Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga berharap tidak ada peserta didik khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta yang putus sekolah karena masalah ekonomi. Dengan adanya Beasiswa Kartu Cerdas serta Jaminan Kelangsungan Pendidikan diharapkan semua siswa siswi jenjang SMA/SMK di DIY dapat termotivasi untuk terus belajar tanpa ragu karena masalah ekonomi yang dimilikinya sehingga dapat mewujudkan cita-cita yang telah tertanam sejak masuk ke pendidikan.

            Peluncuran Beasiswa Kartu Cerdas dan Jaminan Kelangsungan Pendidikan juga diikuti oleh perwakilan dari OPD serta Lembaga yang menjadi mitra dalam bidang Pendidikan diharapkan selalu bersinergi dalam pengembangan pendidikan di DIY khususnya.


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami