Pengasih – Pelepasan tanah SMKN 1 Samigaluh dari masyarakat kepada Pemda DIY yang dalam hal ini melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Rangkaian kegiatan pada hari Kamis,22 Oktober 2020 bertempat di Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo merupakan awal dari kegiatan peningkatan fasilitas pendidikan terutama di SMKN 1 Samigaluh. Dalam kegiatan tersebut ada sejumlah hal yang dilakukan diantaranya pembacaan berita acara pelepasan hak atas tanah dan penandatangan berita acara oleh pemilik tanah, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kulon Progo dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga DIY. Sejumlah ganti rugi sesuai dengan kesepakan harga sebelumya yang tertuang di berita acara pelepasan, langsung dibayarkan kepada pemilik tanah begitu penandatangan berita acara tersebut selesai.

Tanah seluas +- 3.750 m2 yang berlokasi di Ngemplak, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo yang sebelumnya di miliki masyarakat perorangan kini telah beralih ke Pemda DIY. Rencananya di lokasi tanah tersebut akan digunakan untuk kegiatan Pembangunan/Rehabilitasi Rumah dan Gedung Kantor yang terletak di Dusun Gegerbajing, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Bapak Didik Wardaya, SE.,M.Pd mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pemilik tanah yang telah merelakan tanahnya untuk dijual kepada Pemda DIY yang selanjutnya akan digunakan untuk membangun fasilitas pendidikan yang lebih bagus. Kedepannya diharapkan SMKN 1 Samigaluh akan lebih maju dan berkembang lagi sehingga bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya.