Penerapan kurikulum pendidikan kewirausahaan berbasis e-commerce di DIY
Penerapan kurikulum pendidikan kewirausahaan berbasis e-commerce di DIY

Pchendidikan kewirausahaan merupakan salah satu program pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan manusia yang berjiwa kreatif, inovati, sportif dan wirausaha. Program pendidikan kewirausahaan ini dikaitkan dan diintegrasikan dengan program-program lain, seperti pendidikan karakter, pendidikan ekonomi kreatif dan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah.

Upaya Pemerintah dalam menyempurnakan sistem pendidikan antara lain dapat dilihat dari disahkannya UU No: 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah memberikan banyak ruang bagi lembaga pendidikan untuk membuat dan mengelola kurikulumnya sesuai dengan tensi dan kompentensi wilayah/ lingkungan yang dimilikinya.

Kesempatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan oleh setiap sekolah atau pihak pemerintah setempat untuk menciptakan sebuah lembaga pendidikan yang lebih terarah, cakap dan terampil.

Pada Kamis, 4 Oktober 2018, pemerintah daerah membentuk  Peraturan Daerah ( Perda) baru daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nomer 11 tahun 2018 tentang kewirausahaan daerah. Pasal 17 ayat (2) mengatakan : pendidikan dan pelatihan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan sejak anak usia dini hingga usia lanjut. Pasal 17 ayat (3) mengatakan : pendidikan dan pelatihan kewirausahaan sebagaimana yang dimaksud ayat (1) dapat melalui pendidikan formal dan Non formal.

Sebenarnya untuk kurikulum kewirausahaan didunia pendidikan baik diSMA, SMK dan pendidikan lainnya, belum secara khusus bicara E-Commerce, tetapi kewirausahaan secara umum. Baik itu dilakukan dipendidikan ekonomi terutama SMK itu sangat diperlukan sekali ucap Didik Wardaya, M.Pd, M.M  dalam talk shownya di program ARJI jogja TV. Jumat  ( 09/11/2018).

Didik juga mengatakan bahwa pengembangan kewirausahaan dapat dikembangkan dengan melakukan pelatihan dan karakter.

Nur menambahkan, bahwa ideal membangun jika kewirausahaan ialah sejak dini, maka dari itu peraturan pemerintah daerah mengenai kewirausaan didunia pendidikan harus diterapkan.




Berita Terkait

Comments (3)

    komentar Facebook sedang dipersiapkan