...
Yogyakarta (3/7/2024) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui bidang pendidikan khusus mengadakan kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bagi peserta didik berkebutuhan khusus. FLS2N merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk memberikan ruang kepada siswa di seluruh Indonesia untuk mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka dalam berbagai bidang seni.
Kegiatan ini bertujuan memberikan wadah bagi para siswa untuk berkreasi melalui karya kreatif dan inovatif, sekaligus menekankan pentingnya sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan ekspresi seni peserta didik berkebutuhan khusus dengan memperhatikan norma budi pekerti dan karakter yang berbasis budaya bangsa. Lebih dari itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri mereka sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan masing-masing.
Sebanyak 41 siswa yang merupakan juara pertama FLS2N tingkat kabupaten/kota di Yogyakarta, ikut berpartisipasi dalam acara ini. Kegiatan FLS2N DIY yang dilaksanakan di Dinas Dikpora DIY tersebut terdiri dari sembilan cabang lomba, yaitu menyanyi solo SDLB, menyanyi solo SMPLB/SMALB, MTQ SMPLB/SMALB, melukis SDLB, melukis SMPLB/SMALB, pantomim SMPLB/SMALB, desain grafis SMPLB/SMALB, cipta dan baca puisi, serta cipta komik strip.
Setiap peserta didampingi oleh satu pendamping atau guru yang kompeten, dengan total pendamping sebanyak 41 orang. Dewan juri dalam lomba ini berasal dari kalangan akademisi, praktisi, dan tenaga ahli yang relevan dalam bidangnya.
Dalam setiap cabang lomba, akan dipilih tiga juara terbaik yang akan menerima penghargaan berupa tropi, piagam, serta uang pembinaan.
Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam mengembangkan potensi seni peserta didik berkebutuhan khusus di Yogyakarta, serta menginspirasi mereka untuk terus berkarya dan berprestasi.
0 Komentar