Detail Publikasi Berita

0 komentar
PELEPASAN PESERTA DIDIK PROGRAM ADEM
blog
Keterangan & diskripsi gambar

Yogyakarta(4/6/2021)-Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menyukseskan program nasional. Tiga puluh dua generasi terbaik Papua berhasil lulus dari sejumlah SMA dan SMK di Yogyakarta. Mereka menimba ilmu di Yogyakarta melalui program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). ADEM merupakan program pemerataan kualitas pendidikan dan percepatan pembangunan SDM untuk Bumi Cendrawasih, Papua.

 

Description: C:\Users\Lokal\Downloads\IMG_3701.png

 

Pelepasan peserta didik program ADEM Papua-Papua Barat Angkatan Ke-6 dilaksanakan di Sasana Krida, Dinas Dikpora DIY pada Jumat, 4 Juni 2021. Acara dihadiri oleh guru, pendamping, kepala sekolah dan koordinator sekolah penyelenggara program ADEM. Selain itu hadir pula sejumlah pejabat eselon III dan IV Dinas Dikpora DIY.

Acara dimulai tepat pukul 13.00 WIB diawali dengan doa oleh Nadia Sabale dari SMA Islam Prambanan dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin oleh Gabriella Orisu dari SMA Bopkri 2.

Sartana, selaku Koordinator Sekolah Penyelenggara Program ADEM menyatakan bahwa pemulangan siswa ADEM dilaksanakan dalam tiga kloter yaitu tanggal 4, 8 dan 9 Juni 2021 masing-masing untuk wilayah Jayapura, Sorong dan Biak. Pada kloter pertama diberangkatkan peserta didik  sebanyak 27 orang dengan tujuan Jayapura, Nabire, Asmat dan Boven Digoel. Pada kloter dua diberangkatkan peserta didik sebanyak 1 orang dengan tujuan Raja Ampat. Sedangkan pada kloter terakhir diberangkatkan peserta didik sejumlah 4 orang dengan tujuan Kota Biak dan Kabupaten Waropen.

Description: C:\Users\Lokal\Downloads\IMG_3693.png

Dalam sambutannya Sekretaris Dinas Dikpora DIY, Tri Widyatmoko, mengatakan bahwa Papua adalah bagian utuh Republik Indonesia. “Kalian adalah generasi terbaik Papua,” ujarnya. Alumni ADEM akan bersaing kembali untuk mendapatkan beasiswa ADiK yaitu program Afirmasi Pendidikan Tinggi. “Lanjutkan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi. Kita menunggu kalian jadi pemimpin,” pungkasnya.

“Kita gembira dan bangga bisa lulus dari Jogja. Tidak semua siswa bisa mendapatkanya,” ujar Juanitha Ayumisibi dari SMA Stella Duce Bambanglipuro. Pada pukul 14.15 WIB acara ditutup dengan doa oleh Daniella Ruth Woratorei dari SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Sesaat setelah acara kloter pertama segera berangkat ke bandara Yogyakarta International Airport menuju tanah Papua. Alumni ADEM jadilah lentera di tanah Papua! Semoga pendidikan karakter di Yogyakarta dapat berkontribusi mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai amanat UUD 1945.


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami