Kegiatan

0 komentar
PEMUSNAHAN 2.889 BLANGKO IJAZAH TIDAK TERPAKAI
blog

Yogyakarta (13/12/2023)- Bertempat di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilakukan pemusnahan 2.889 blangko Ijazah yang sudah tidak terpakai atau rusak. Pemusanahan sendiri dilakukan secara langsung dengan cara dibakar yang disaksikan langsung oleh Kepala Disdikpora DIY, perwakilan dari Kejati DIY, Polresta Yogyakarta, Biro Hukum Setda DIY, Inspektorat DIY, dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY.

Selain memusnahkan 2.889 blangko Ijazah Disdikpora DIY juga memusnahkan sebanyak 3.711 berkas arsip inaktif dengan cara dilebur secara kimiawi bekerjasma dengan UD Samak Jaya Karton Magelang. Sebelumnya Disdikpora DIY melakukan penilaian Arsip tahun 2023 yang berjumlah 7.472 berkas arsip dengan hasil

  1. Arsip usul musnah sebanyak  3.711 berkas arsip inaktif dan 2.889 blangko Ijazah;
  2. Arsip usul permanen sebanyak 6 berkas. Dan setelah dilakukan autentifikasi dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menjadi 5 berkas;
  3. Arsip simpan (dinilai kembali) sebanyak   866   berkas.

 

 

Dalam sambutan acara pemusnahan Arsip ini Didik Wardaya selaku Kepala Disdikpora DIY menyampaikan bahwa Arsip Ijazah ini merupakan blangko ijazah kosong yang sudah tidak digunakan kembali atau sudah rusak. Sehingga harus dimusnahkan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Blangko Ijazah yang dimusnahkan ini yaitu balngko yang mana tahun terbitnya tahun 2020 sampai dengan 2022, imbuhnya.

Selanjutnya berkas arsip ijazah tersebut dibakar secara langsung sampai tidak berwujud sehingga tidak bisa digunakan kembali dan untuk berkas yang akan dimusnahkan secara kimiawi akan dibawa ke Magelang untuk dimusnahkan oleh UD Samak Jaya Karton. Sebelum dibawah dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Pemusnahan Arsip Dinas Dikpora DIY dan penyerahan Arsip secara simbolis oleh Sekretaris Disdikpora DIY kepada UD Samak Jaya Karton.

  

   

 




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami