Umum

0 komentar
Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023
blog

Yogyakarta (02/05)- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Dinas Dikpora DIY) melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Upacara yang diikuti oleh seluruh pegawai di Lingkungan Dinas Dikpora DIY serta perwakilan dari Unit Pelaksana Tugas Dinas Dikpora DIY seperti Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik), Balai Pemuda dan Olahraga (BPO), Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT), Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta (Balai Dikmen Kota Yogyakarta) serta Pengawas SLB serta SMA/SMK di Kota Yogyakarta berlangsung secara hikmat dan lancar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Kepala Dinas Dikpora DIY Drs. Suhirman, M.Pd. membacakan pidato dari Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam pidatonya bahwa sebanyak 24 episode Merdeka Belajar sudah diluncurkan dan mendekatkan dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka” ungkap Suhirman.

“Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,” lanjut Suhirman. Selain bantuan biaya pendidikan, program beasiswa dari Pemerintah memberikan kesempatan kepada siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Merdeka Belajar juga sebagai Transformasi yang masif yang seharusnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak dan untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi. Sebagai penutup Suhirman mengungkapkan “Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidikan generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan memebawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan”.

 




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami