Event

0 komentar
Asesmen Bakat Minat untuk siswa SMA dan SMK
blog

Pada tanggal 22 dan 23 November 2022, seluruh Kota dan Kabupaten di Daerah Istimewawa Yogyakarta, bersama 2 provinsi lain yaitu Jawa Barat (3 Kota) dan Gorontalo (semua kabupaten/kota) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM) yang diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3), lembaga baru bentukan mas Manteri Nadiem Makarim yang merupakan UPT dari Pusat Asesmen Pendidikan (PUSMENDIK).

Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa kelas XII jenjang SMA dan SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejumlah 104 SMA dan 127 SMK dengan total peserta sejumlah 15.209 siswa SMA dan 20.054 siswa SMK mengikuti pelaksanaan ABM.

Asesmen Bakat dan Minat Pusmendik (ABM) mengukur potensi individu pada tujuh aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM diharapkan dapat membantu siswa untuk mengenal potensi dan minat diri, sebagai alat refleksi, sehingga penyesuaian terhadap tujuan, cita-cita pada program studi atau jenis pekerjaan tertentu dapat dilakukan lebih terarah.

Berbeda dari tes prestasi yang mengukur pengetahuan akademik, ABM disusun tidak berdasar silabus mata pelajaran tertentu. Pengembangan ABM melalui tahapan prosedur asesmen terstandar dan menggunakan analisis dengan pendekatan teori tes modern sehingga hasil asemen dari beberapa subtes, waktu, dan paket yang berbeda akan dapat dibandingkan.

Salah satu langkah yang dilakukan BPPP dalam membantu sekolah untuk mengetahui gambaran bakat dan minat siswa adalah melalui pelayanan ABM. Pelayanan ABM diselenggarakan untuk sekolah-sekolah jenjang SMA/SMK di seluruh provinsi melalui tes berbasis komputer (Computerized Based Test - CBT) secara daring.

 




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami