Detail Publikasi Berita

0 komentar
GELAR SENI GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH
blog
Keterangan & diskripsi gambar

        Yogyakarta-Kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah Tahun 2021 ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara sekolah dengan seniman dengan harapan dapat menambah wawasan dan memperkuat karakter siswa dalam memanfaatkan seni dan budaya. Tujuan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah adalah:

  1. Menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya;
  2. Menjalin kerja sama dan sinergi antara Sekolah dengan seniman;
  3. Menumbuhkan budaya Sekolah yang sehat, menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan, dan menguatkan;
  4. Membentuk karakter dan membangun sikap kreatif, apresiatif, dan inovatif terhadap peserta didik;
  5. Meningkatkan ekosistem Sekolah yang berbudaya; dan
  6. Melestarikan (melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan) seni sebagai bagian dari objek pemajuan kebudayaan.

Kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah melalui beberapa tahapan, yaitu:

           Persiapan, pada tahap persiapan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota diberi wewenang untuk menunjuk sekolah yang akan mengikuti kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah pada jenjang SD dan SMP masing-masing 1 sekolah per jenjang. Sekolah mengajukan proposal yang berisi materi tema yang nantinya akan dipentaskan (tari, musik/seni suara, teater). Sekolah diberi kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi dan akan didukung penuh oleh Dinas DIKPORA DIY dengan memberikan fasilitas berupa seniman dan biaya latihan untuk membimbing sekolah tersebut dalam mengembangkan kreativitasnya.

      Pembelajaran, pada tahap pembelajaran, seniman memberikan materi dan pembelajaran kepada siswa dengan didampingi oleh asisten seniman dan guru pendamping yang berasal dari sekolah.

    Presentasi hasil pembelajaran, presentasi hasil pembelajaran merupakan puncak dari penyelenggaraan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah yang dibalut dalam acara Gelar Seni Gerakan Seniman Masuk Sekolah. Kegiatan Gelar Seni GSMS berlangsung selama 2 (dua) hari yakni pada tanggal 5 – 6 November 2021. Dalam masa pandemi, Gelar Seni GSMS dilakukan dengan metode live streaming melalui channel Youtube Dinas Dikpora DIY. Sehingga siswa lain, orang tua siswa dan masyarakat umum tetap dapat menyaksikan dengan tidak menimbulkan kerumunan. Pada hari pertama Jumat 5 November 2021 terdapat 5 sekolah yang melakukan pementasan yakni SMPN 4 Pakem Sleman, SMPN 1 Samigaluh Kulonprogo, SMPN 1 Bantul, SDN Pragak Semanu Gunungkidul dan SDN Lempuyanganwangi Kota Yogyakarta. Sedangkan hari kedua Sabtu 6 November 2021 diikuti oleh SMPN 7 Yogyakarta, SDN Pendoharjo Sleman, SMPN 2 Gedangsari Gunungkidul, SDN Jeruk Kokap Kulonprogo dan SD Unggulan Aisyiyah Bantul.

???????

     Kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dilaksanakan dalam waktu 4 bulan (Agustus s/d  November 2021) dengan rincian sebagai berikut:

No

Sub Aktivitas

Lokasi Pelaksanaan

Waktu Pelaksanaan

1

Persiapan

Dinas DIKPORA DIY dan Dinas Pendidikan Kab/Kota

Agustus 2021

2

Pembelajaran

Sekolah masing-masing

September – Oktober 2021

3

Presentasi hasil pembelajaran

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY dan streaming melalui Youtube

5 – 6 November 2021


0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

BERITA TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami