Kegiatan

0 komentar
Asesmen Nasional Berbasis Komputer SMA/MA, SMK, SMALB, Paket C/Ulya Tahun 2024
blog

Asesmen Nasional adalah evaluasi yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tujuannya adalah untuk mengukur kualitas pendidikan secara lebih komprehensif, tidak hanya berfokus pada hasil akademik, tetapi juga pada aspek-aspek lain yang mencakup kemampuan literasi, numerasi, dan karakter siswa.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga komponen utama:

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa, yang dianggap sebagai kompetensi dasar yang diperlukan untuk pembelajaran lebih lanjut.

Survei Karakter: Bertujuan untuk mengevaluasi karakter siswa berdasarkan profil Pelajar Pancasila, yang mencakup aspek moral, etika, dan nilai-nilai Pancasila.

Survei Lingkungan Belajar: Mengukur kualitas lingkungan belajar di sekolah, termasuk aspek keamanan, kenyamanan, dan inklusi.

Asesmen Nasional diterapkan di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga menengah, dan hasilnya digunakan sebagai dasar untuk perbaikan kebijakan dan intervensi pendidikan di tingkat sekolah dan nasional.

ANBK jenjang SMA/MA, SMK, SMALB dan Paket C/Ulya dilaksanakan secara bertahap.
Simulasi dilaksanakan pada tanggal 5-11 Agustus 2024
Gladi Bersih dilaksanakan pada tanggal 12-18 Agustus 2024
ANBK Utama pada tanggal 19-25 Agustus 2024
 




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami