Kegiatan

0 komentar
Lomba Gladi Kawruh Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2024
blog

Untuk meningkatkan pengetahuan budaya jawa, yaitu Bahasa Jawa. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan TVRI Stasiun Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Gladi Kawruh tahun 2024. Gladi Kawruh merupakan kegiatan cerdas cermat Bahasa jawa yang diikuti oleh siswa-siswi kelas XI jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari setiap Kabupaten/Kota di DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi seni budaya siswa, meningkatkan kecintaan dan kepedulian terhadap kearifan lokal bidang seni dan budaya serta menyediakan wahana pengembangan apresiasi siswa terhadap  seni budaya.
Gladi kawruh tahun 2024 dimulai dari babak penyisihan yang diselenggarakan pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2024, sedangkan babak semi final dan final diselenggarakan pada tanggal 8 Agustus 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 15 SMK dari seluruh kabupaten dan kota yang ada di DIY. Berikut SMK peserta Gladi Kawruh tahun 2024:

  1. SMKN 1 Depok  -  Sleman
  2. SMKN 1 Cangkringan  -  Sleman
  3. SMKN 1 Seyegan -   Sleman
  4. SMK N 1 Wonosari  -  Gunungkidul
  5. SMK N 2 Wonosari  -  Gunungkidul
  6. SMK N 3 Wonosari  -  Gunungkidul
  7. SMK N 2 Yogyakarta  -  Kota Yogyakarta
  8. SMK N 5 Yogyakarta  -  Kota Yogyakarta
  9. SMK N 6 Yogyakarta  -  Kota Yogyakarta
  10. SMK N 1 Panjatan  -  Kulon Progo
  11. SMK N 2 Pengasih  -  Kulon Progo
  12. SMK N 1 Girimulyo  -  Kulon Progo
  13. SMK N 1 Kasihan  -  Bantul
  14. SMK N 1 Pleret -   Bantul
  15. SMK Muhammadiyah 1 Bantul  -  Bantul

Dari keseluruhan peserta, SMKN 1 Cangkringan, SMKN 1 Wonosari, SMKN 5 Yogyakarta, SMKN 1 Girimulyo, SMKN 1 Kasihan, dan SMK Muhammadiyah 1 Bantul berhasil masuk ke babak semifinal. Dan di babak final mempertemukan tiga sekolah yang berhasil juara di babak sebelumnya, yaitu SMKN 1 Wonosari, SMKN 1 Girimulyo, dan SMKN 1 Kasihan.
Pada babak final, SMKN 1 Kasihan berhasil menjadi juara pertama, SMKN 1 Wonosari menempati juara ke dua, dan SMKN 1 Girimulyo menempati juara ke tiga. Tiap sekolah yang berhasil masuk ke babak final, masing-masing mendapatkan trophy, uang pembinaan, bingkisan, dan sertifikat penghargaan dari Dinas Dikpora DIY.

    

 




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami