Kegiatan

0 komentar
Pelaksanaan Ngudar Kawruh Tembang Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2024
blog

Dalam rangka memperkenalkan dan melestarikan Budaya Indonesia. Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Ngudar Kawruh Tembang untuk jenjang SD dan SMP di Daerah Istimewa Yogayakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada siswa-siswa untuk melestarikan warisan budaya luhur, mengenal dan menghargai kekayaan seni warisan budaya lokal dan kearifan lokal serta  memupuk rasa cinta terhadap seni dan budaya jawa.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memperkuat kompetensi seni budaya siswa. Selain itu juga untuk meningkatkan kecintaan dan kepedulian terhadap kearifan lokal bidang seni dan budaya; serta Menyediakan wahana pengembangan apresiasi siswa terhadap  seni budaya.

Peserta Ngudar Kawruh Tembang adalah  peserta didik pada jenjang SD dan  SMP. Kegiatan pada tahun 2024 ini diikuti oleh 15 Sekolah Dasar (SD) dan 15 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mana setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan mereka mewakili dari setiap masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di DIY. Masing-masing sekolah diberi waktu selama 30 Menit untuk menampilkan pertunjukan Ngudar Kawruh Tembang.

Pelaksanaan Ngudar Kawruh Tembang sendiri dilakukan dalam beberapa waktu yaitu untuk Jenjang SD dilaksanakan pada pada tanggal 8 dan 9 Juli 2024 sedangkan untuk jenjang SMP dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 Juli 2024, yang bertempat di Kantor TVRI Stasiun Yogyakarta.  Kegiatan ini ditayangkan di stasiun televisi TVRI setiap Hari Jumat mulai tanggal 19 Juli s.d. 20 September 2024 pukul 15.30 WIB.

          




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami