Kegiatan

0 komentar
WORKSHOP PENGUATAN PEMBELAJARAN GURU PEMBIMBING KHUSUS SE-DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
blog

Bidang Pendidikan Khusus Dinas Dikpora DIY telah menyelenggarakan Workshop Penguatan Pembelajaran Guru Pembimbing Khusus Se-Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 23-26 April 2024 di Hotel De Laxston. Kegiatan workshop ini dilatarbelakangi ketersediaan layanan pembelajaran yang berkualitas dan akomodatif bagi peserta didik yang belum terselesaikan serta belum tersedianya secara mencukupi Guru Pendamping Khusus di jenjang SMA dan SMK.
Kegiatan workshop ini ditujukan kepada guru-guru SMA dan SMK negeri maupun swasta se-DIY sebanyak 90 orang. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sekolah reguler terhadap Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, meningkatkan kemampuan guru pada sekolah reguler sehingga dapat melaksanakan pembelajaran bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, dan meningkatkan kemampuan guru pembimbing khusus sehingga dapat melakukan adaptasi kurikulum, menyusun program pembelajaran individual dan mengelola kelas sesuai karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.
Workshop ini dimulai pada tanggal 23 April 2024 pukul 14.00 WIB yang dibuka oleh Drs. Suhirman, M.Pd selaku Wakil Kepala Dinas Dikpora DIY. Pada workshop ini narasumber menjelaskan mengenai kebijakan pendidikan inklusif, konsep dasar pendidikan inklusif dan layanan bagi PDBK, pelaksanaan PPDB di Sekolah Inklusif, keberagaman jenis kebutuhan khusus peserta didik, sistem layanan pembelajaran PDBK dan Strategi Pembelajaran PDBK. Selain itu, dalam workshop ini juga menjelaskan mengenai penyusunan profil belajar siswa (PBS) dan program pembelajaran individual (PPI). Workshop ini diakhiri dengan praktek penyusunan perangkat pembelajaran kelas inklusif dan pengenalan program kebutuhan khusus pada jenjang SMA dan SMK agar setiap sekolah reguler secara bertahap mampu melayani peserta didik berkebutuhan khusus.




0 Komentar

Untuk mengirimkan komentar silakan login terlebih dahulu!

INFORMASI TERKAIT

Kirim pertanyaan, saran, dan masukan anda kepada kami